Apa itu Toko Online (Online Shop)?

Sebelum internet berkembang sedemikian rupa - tahun 1990 ke bawah - setiap kali kita ingin berbelanja atau membeli sesuatu maka kita yang harus datang ke sebuah toko atau minimal kios atau warung. Biasanya dan kebanyakan toko atau kios ini berkumpul di sebuah pasar tradisional, dekat sekitar pasar tradisional atau pusat perbelanjaan yang terdiri dari deretan ruko, rukan atau bahkan sebuah mal/plaza yang megah nan indah. Ini adalah toko fisik yang dalam bahasa internet disebut offline store


Kalau kita mau berbelanja maka harus datang langsung ke sana. Entah itu berjalan kaki atau naik kendaraan. Melihat, meraba atau menyentuh barang tersebut seraya mencobanya, jika cocok lalu kita bayar dan bawa pulang. Tentu saja sebelum berangkat berbelanja juga harus berpakaian rapi dan membawa uang.


Arti toko online (online shop/online store)
Toko online artinya berbelanja cukup lewat jarak jauh (internet). image: inilah.com


Arti Toko Online (Online Store/Online Shop)


Zaman berubah, praktek bisnis pun ikut berubah. Sejak teknologi internet mewabah ke seluruh dunia termasuk di negara kita maka muncullah toko-toko daring (dalam jaringan). Toko daring (online store atau online shop) adalah toko di mana kita bisa berbelanja langsung tanpa harus mengunjungi toko tersebut. Lalu bagaimana ceritanya kita bisa berbelanja tanpa harus datang ke toko tersebut? Sudah pasti lewat media internet di mana sebagian besar (99,9%) melalui alamat website toko tersebut (misalnya: www.namatoko.com atau www.namatoko.co.id, dst..).


Yang punya toko offline membuat sebuah website yang biasanya namanya pun disamakan dengan nama toko fisiknya. Ketika seseorang mengunjungi alamat website tersebut maka bisa langsung berbelanja. Tidak mesti ke toko fisik secara langsung dan tentu saja tidak ada keharusan memakai baju, dst. Karena ini adalah berbelanja lewat media internet. Entah website toko tersebut kita kunjungi dari ponsel, layar komputer, tablet, laptop, dst. Di dalam website sudah ada foto atau gambar produk-produk yang dijual, informasi harga, promo diskon, informasi cara memesan, cara membayar, metode pembayaran hingga cara barang dikirimkan dan seterusnya. Gampang, bukan?


Di seluruh dunia mungkin ada hampir lebih dari 1 milyar toko online dalam berbagai bentuk. Bahkan sebuah perusahaan atau setiap individu bisa memiliki lebih dari 2 toko online. Luar biasa! Bagaimana dengan anda? Apakah anda suka berbelanja di toko online, sudah mempunyai toko online atau berencana merintis sebuah toko online? Pangsa pasar masih terbuka luas buat anda yang ingin terjun berbisnis membuka toko daring ini. 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar